Kerja yang Baik Terbangun dari Suasana Kerja yang Baik Pula

Suasana kerja adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan agar kinerja semakin baik. Berkenaan dengan itu, perusahaan biasanya mengkombinasikan warna-warna cerah, mendesain tempat kerja dengan tema-tema tertentu, memanjakan karyawan dengan berbagai fasilitas pendukung dan hiburan. Pemberian berbagai furniture atau desain-desain property yang unik didalam kantor diharapkan dapat membangun kesan yang diinginkan, baik itu santai atau informal. Semua itu dimaksudkan untuk menimbulkan kenyamanan dan mencegah stress dalam bekerja. Suasana nyaman juga dapat meningkatkan kreatifitas sehingga produktivitas karyawan pun dapat meningkat.

Mom dapat menerapkan hal ini ketika mendesain tata ruang belajar dan bermain anak di rumah agar lebih santai namun tetap memperhatikan produktivitas belajar si Kecil. Ruangan yang bersih dan sirkulasi udara yang baik merupakan salah satu syarat kenyamanan sebuah ruang belajar. Jangan lupa perhatikan juga penerangannya. Terlalu gelap akan membuat cepat mengantuk dan kurang baik untuk kesehtan mata. Sebaliknya, terlalu terang akan membuat si Kecil gerah dan tidak santai. Ternyata menciptakan lingkungan dan suasana kerja nyaman tidak mudah ya, Mom! Suasana kerja yang sempurna memang memang membutuhkan proses dan pemeliharaan terus menerus, terlebih kebutuhan si Kecil akan selalu berubah seiring dengan bertambahnya usia. Mom bisa mempertimbangkan beberapa tips dari design kamar bermain anak dari Imania Design. Perhatikan juga masukan dari si Kecil, ya Mom! Karena justru merekalah yang paling mengerti apa yang mereka butuhkan.

Nah, bicara tentang suasana kerja, agar lebih melekat di otak anak, yuk kenalkan suasana kerja beberapa profesi kepada si kecil melalui permainan berikut ini! Ceritakan pula tugas dari masing-masing profesi berikut dan sampaikan bahwa suasana kerja yang dibangun seperti gedung dan fasilitas lainnya dapat mendukung seseorang bekerja lebih baik. Yuk, kita mulai Mom!

1. Unduh dan mencetak lembar aktivitas yang tersedia.

Mom bisa mengunduh lembar aktivitas dalam versi resolusi tinggi di sini. Cetak pada kerta ukuran A4. Gunakanlah kertas yang agak tebal (minimal kertas gambar/Manila 150gr) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada saat bermain dan lebih tahan lama. Tips lainnya, Mom bisa menempelkan lembar aktivitas ke atas karton bekas kotak susu atau sereal sebelum mengguntingnya.

Polisi dapat bekerja dengan baik dengan suasana kerja yang mendukung.
Seorang petani bekerja di suasana kerja yang menyenangkan.
Lembar aktivitas suasana kerja seorang pemadam kebakaran.

2. Gunting tiap bagian.

Guntinglah setiap bagian sesuai dengan profesinya! Guntinglah menurut petunjuk yaitu garis titik-titik yang mengelilingi bagian-bagian tersebut.

3. Lipat bagian bawahnya supaya boneka-boneka kertas bisa berdiri tegak.

Lipatlah tiap bagian yang sudah digunting menurut garis putus-putus sesuai petunjuk.

4. Susun posisi semua karakter atau bangunan sesuai dengan profesinya masing-masing.

Setelah menyusun Mom dan si kecil bisa mulai bermain dan bercerita. Bimbinglah si kecil untuk memahami tentang suasana kerja yang baik!

Sampaikan juga pada si kecil bahwa suasana kerja yang baik juga dapat tercipta dengan mengatur suasana hati. Contohkan dengan nyata, mana sikap-sikap yang menunjukkan professional, mana yang tidak. Seperti meninggalkan pekerjaan rumah yang belum selesai begitu saja, tentu bukan sifat profesional. Ajarkan ia untuk memiliki sikap positif dalam bekerja dengan senang hati dan tersenyum! Kemudian ajarkan juga untuk selalu membangun hubungan yang baik dengan rekan, merapikan dan mendekorasi meja, mempelajari hal baru, dan memberi penghargaan atau pujian kepada rekan sekelompok. Mengungkapkan pendapat yang berbeda dengan cara yang sopan juga sangat penting untuk dibiasakan pada si Kecil. Mengatur suasana kerja adalah hal penting karena memberikan pengaruh pada hasil kerja seseorang.

Do your work with your whole heart, and you will succeed – there’s so little competition.” (Elbert Hubbard)

(“Kerjakan pekerjaan Anda dengan sepenuh hati dan Anda akan meraih kesuksesan – hanya ada sedikit kompetisi”)

Bagikan pengalaman inspirasi Mom kepada kami! Follow dan tag foto Mom dan si Kecil ke akun Instagram kami @ceri_id! Siapa tahu pengalaman Mom bersama si Kecil dapat menginspirasi SahabatCeri dan banyak Mom lainnya. 

Pantau terus dan Blog Ceri untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati, seperti bagaimana mendidik anak pada zaman era digital dan sebagainya. Mom juga dapat mengunduh aplikasi dan lembar kegiatan melalui smartphone atau gadget Mom untuk menemani bermain si Kecil di Website CERI . See you on the next article! Be the happiest Mom of the happiest children!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *