Tips Mudah Merebus Telur yang Mulus

Salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan, mudah diolah dan sekaligus kayaprotein yang dibutuhkan tubuh adalah telur. Selain menjadi bahan masakan, telur juga dapat dikonsumsi langsung dengan cara menggoreng atau merebus. Di antara telur goreng dan telur rebus, ternyata telur rebus lebih memiliki beberapa kebaikan bagi si kecil, diantaranya antioksidan untuk kesehatan mata dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Mengetahui fungsi telur rebus yang baik untuk si kecil, Mom dapat melakukan aktivitas seru merebus telur bersamanya. Meski merebus telur adalah aktivitas sederhana yang mungkin Mom sudah ketahui caranya namun belum tentu bagi si kecil. Yuk Mom, ajarkan si kecil cara merebus dan mengupas telur dengan mudahsupaya tampilan telur rebusnya cantik.

Langkah-langkah merebus dan mengupas telur dengan mudah.
1. Panaskan air lalu berikan 1 sendok teh cuka (1 sendok teh cuka untuk 4 gelas air).

Sambil menunggu air panas, Mom dapat memberitahukan kepada si kecil bahwa air cuka berpengaruh terhadap kelunakan serta keringanan kulit telur ayam. Semakin banyak air cuka yang diberikan pada kulit telur, maka kulit telur tersebut akan cepat mengapung dan lunak. Jika demikian maka sudah terjadi keseimbangan pH yang akan memudahkan Mom dan si kecil untuk mengupas kulit telur. Hal ini juga dibenarkan oleh Rissa “MasterChef”, yang menyatakan bahwa cuka memiliki kadar asam yang berfungsi melepaskan bagian kulit telur sehingga tidak menempel dengan putih telur. Jika Mom tidak memiliki cuka dapat diganti dengan garam yang memiliki fungsi serupa dengan cuka.

2. Masukkan 1 telur saat airnya sudah mendidih.

 

Langkah-langkah merebus dan mengupas telur dengan mudah.
3. Tunggu sekitar 15 menit untuk merebus telurnya.

 Matikan kompornya, lalu masukkan telur yang sudah direbus ke dalam air yang dingin.

4. Mulailah mengupas telur yang sudah dingin dengan mudah.

Perlu diperhatikan, Mom dan si kecil perlu menunggu beberapa saat hingga telur dalam keadaan dingin dan aman untuk dikupas. Voila! Cangkang telur sudah mudah dikupas. Tinggal hap! Nyam nyam!

Bagikan pengalaman inspirasi Mom kepada kami! Follow dan tag foto Mom dan si Kecil ke akun Instagram kami @ceri_id! Siapa tahu pengalaman Mom bersama si Kecil dapat menginspirasi SahabatCeri dan banyak Mom lainnya. 

Pantau terus dan Blog Ceri untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Mom juga dapat mengunduh aplikasi dan lembar kegiatan melalui smartphone atau gadget Mom untuk menemani bermain si Kecil di Website CERI . See you on the next article! Be the happiest Mom of the happiest children!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *