Pejuang Lalu Lintas

Lalu lintas kok diperjuangkan?

Sebelum membahas ke arah tersebut, yuk Mom kita cermati pengertian lalu lintas di dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009! Lalu lintas didefinisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan, sedangkan yang dimaksud dengan ruang lalu lintas jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa jalan dan fasilitas pendukung. Sekarang ini kondisi lalu lintas terkadang tidak menentu apalagi bagi Mom yang hidup di ibukota dan kota-kota besar. Beberapa orang pengguna lalu lintas sering kali tidak menaati peraturan lalu lintas dan tidak menjaga jarak aman dalam berkendara sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Padahal menjaga jarak aman berkendara sudah seharusnya dipahami dan diterapkan oleh seluruh pengendara. Peraturan mengenai jaga jarak antara kendaraan sudah diatur di dalam pasal 62 PP No. 43 tahun 1993 tentang Tata Cara Berlalu Lintas. Berdasarkan peraturan tersebut para pengendara diwajibkan untuk menjaga jarak dengan mobil atau motor yang berada di depannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Sayangnya jangankan menjaga jarak aman, menaati rambu lalu lintas saja seringkali dilalaikan. Pantas saja data dari Badan Kesehatan Dunia WHO menyatakan bahwa 90 persen kecelakaan di lalu lintas disebabkan oleh kesalahan manusia.

Mom, yuk mulailah jadi pribadi yang peduli akan keselamatan berlalu lintas dengan menaati rambu-rambu lalu lintas ketika berkendara dan tanamkan juga sikap tersebut kepada si kecil. Ini penting diajarkan Mom dan dapat diterapkan ketika berkendara dengan si kecil kelak saat ia sudah dewasa dan memenuhi syarat berkendara si kecil akan terbiasa mengikuti aturan rambu lalu lintas. Tentu saja masa dimana si kecil sudah memenuhi usia berkendara harus sesuai dengan persyaratan berkendara yang ditentukan oleh pihak berwenang ya Mom, karena bila berkendara di bawah batas umur akan membahayakan si kecil sendiri maupun orang lain.

Terkait dengan rambu-rambu lalu lintas tersebut, kali ini SahabatCeri akan mengajak Mom dan si kecil bermain bersama yaitu permainan “pejuang lalu lintas”. Agar lebih seru, permainan ini sebaiknya dimainkan bersama-sama! Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya, Mom!

Rambu-Rambu Lalu Lintas
  1. Silahkan cetak beberapa rambu lalu lintas yang sudah disediakan oleh SahabatCeri di sini.
  2. Supaya permainan lebih seru siapkan properti seperti seragam polisi (boleh lengkap atau hanya beberapa aksesorisnya saja).
  3. Ambil piring plastik, nantinya piring plastik ini akan dijadikan setir sebagai alat peraga kendaraan bermotor.
  4. Ambilah peran! Mom bisa memulai peran sebagai polisi, sementara si kecil sebagai pengguna kendaraan.
  5. Lalu, setiap kali si kecil akan melewati Mom, angkatlah papan rambu lalu lintasnya, dan sebagai pengguna kendaraan, si kecil harus menaati dan melakukan tindakan sesuai dengan rambu lalu lintas yang Mom

Bagikan pengalaman inspirasi Mom kepada kami! Follow dan tag foto Mom dan si Kecil ke akun Instagram kami @ceri_id! Siapa tahu pengalaman Mom bersama si Kecil dapat menginspirasi SahabatCeri dan banyak Mom lainnya. 

Pantau terus dan Blog Ceri untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Mom juga dapat mengunduh aplikasi dan lembar kegiatan melalui smartphone atau gadget Mom untuk menemani bermain si Kecil di Website CERI . See you on the next article! Be the happiest Mom of the happiest children!

 

2 Replies to “Pejuang Lalu Lintas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *