Yuk Belanja Bersama Anak!

Masih berbicara tentang keuangan nih, Mom.

Membicarakan keuangan bersama anak itu penting akan tetapi jangan terlalu memaksakan ya, Mom, karena selain membuat Mom lelah menjelaskan, anak juga akan pusing. Ada beberapa kegiatan efektif untuk membicarakan keuangan bersama anak yaitu memberi uang saku, mengajarkan konsep “utamakan kebutuhan daripada keinginan”, mengajarkan kebiasaan saling berbagi, atau mempraktekkannya langsung dengan mengajaknya berbelanja.

Berbelanja merupakan aktivitas yang disenangi oleh hampir semua kalangan dari berbagai usia, karena itu sangat memungkinkan bagi Mom mengajak si kecil berbelanja. Tak perlu takut kerepotan Mom, justru berbelanja dengan si kecil akan mempermudah Mom memberikan pendidikan keuangan sejak dini. Berbelanja akan membuat si kecil melek tentang uang secara alamiah misalnya Mom bisa mengajaknya berdiskusi tentang alasan Mom membeli satu barang dibandingkan barang lainnya.

Mengarjakan Anak Cara Berbelanja Dengan Bijak

Sebelum berbelanja Mom sebaiknya mengajarkan si kecil untuk membuat perencanaan belanja terlebih dahulu, catatan belanja yang jelas, dan aturan main dalam berbelanja. Menerapkan aturan-aturan tersebut sebelum pergi berbelanja bersama si kecil menjadi poin yang penting dilakukan. Bicaralah dengan si kecil secara serius, katakan pada mereka agar tidak pergi jauh-jauh dari Mom sewaktu berbelanja. Pastikan juga Mom selalu menyertai si kecil ketika mereka tertarik melihat-lihat sesuatu. Hal-hal yang dapat Mom sampaikan pada si kecil ketika berbelanja antara lain:

1. Harga barang

Ajak si kecil memilih beberapa barang dengan harga berbeda.  Jika Mom berbelanja di toko tradisional yang memungkinkan untuk menawar harga barang, berikan contoh cara menawar barang yang baik dan benar kepada si kecil, kemudian pastikan harga barang sesuai dengan budget keuangan yang telah direncanakan.

2. Kualitas barang

Beritahukan juga jenis-jenis barang tertentu yang sesuai dengan kebutuhan seperti perlengkapan sekolah, makanan dan minuman. Mom dapat mengajarkan anak untuk membandingkan produk sejenis dari merek yang berbeda misalkan susu A dengan susu B. Sekaligus dapat mengajarkannya kandungan gizi susu yang paling pas untuk kebutuhannya.

3. Kegunaan yang didapat dengan membeli barang tersebut

Pastikan apapun yang Mom beli bersama si kecil adalah barang yang benar-benar dibutuhkan. Jelaskan kegunaan membeli barang tersebut, misalkan Mom dapat membeli hanger anak yang berguna sebagai alat penjemur pakaiannya supaya cepat kering atau gantungan busana di lemari.

4. Anggaran

Nah, hal ini paling penting nih, Pastikan belanja sesuai dengan kemampuan finansial. Utamakan kebutuhan urgent si kecil pada anggaran belanja.

Secara umum dalam menyampaikan hal-hal di atas, pastikan Mom menggunakan dan cara yang sederhana. Misalnya saat memilih buah, tunjukkan pada si kecil kualitas buah yang baik dengan tanda tidak ada bagian busuk atau rusak, dengan demikian secara tidak langsung si kecil akan paham tentang kualitas barang. Atau Mom juga bisa memperlihatkannya barang sejenis dengan harga berbeda, lalu menganalisis alasan adanya perbedaan harga tersebut sehingga si kecil bisa memahami dan menimbang-nimbang untuk membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan. Di saat si kecil berhenti sejenak atau manggut-manggut, itu pertanda si kecil sedang berusaha memahami apa yang Mom sampaikan dan otaknya sedang memproses konsep uang dan belanja.

Selamat berbelanja Mom!

Make it fun!

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *