Nomor Penting Untuk Si Kecil Part 1-Menghubungi Nomor Telepon

Apa saja ya gunanya si kecil mengetahui angka-angka selain untuk menghitung?

Mengetahui angka-angka sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari si kecil. Seperti menghapal nomor penting yang harus mereka hubungi melalui sambungan telepon atau membaca jam. Jika usia si kecil sudah mencukupi atau sudah paham fungsi dan cara menggunakan telepon dengan baik dan benar, maka Mom bisa mulai mengajarkan pada si kecil untuk menghapal nomor-nomor penting dan belajar cara melakukan panggilan melalui telepon secara langsung. Nomor-nomor penting antara lain nomor telepon orang tua, dan nomor-nomor berikut ini:

  1. Nomor telepon darurat (untuk masalah apapun, kriminal, kecelakaan, kebakaran, bencana alam): 112.
  2. Nomor telepon polisi: 110.

    Nomor-Nomor Penting1
  3. Nomer telepon dinas kebakaran: 113.
  4. Nomor telepon ambulans: 118.

    Nomor-Nomor Penting2

Oya Mom, ajarkan etika bertelepon kepada anak agar ia dapat bijak dalam berkomunikasi. Jika anak akan menjawab telepon, mereka perlu tahu bagaimana menjawab dengan benar. Mom perlu mengajarkan anak untuk mengucapkan salam ketika mengangkat telepon dan bertanya dengan sopan dengan siapa si penelepon ingin berbicara serta bagaimana mencatat pesan dan mengucapkan salam sebelum menutup telepon.

Pastikan juga si kecil mengerti bahwa melakukan panggilan penting bukanlah hal yang bisa dijadikan permainan. Salah-salah malah bisa membahayakan dirinya sendiri.  Lalu ingatkan si kecil juga untuk tidak memberikan nomor-nomor telepon pribadi kepada orang lain yang belum dikenal. Namun jika usia si kecil belum mencukupi, Mom bisa melakukan aktivitas yang sama namun tidak pada telepon sungguhan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan piring, sipido, gunting dan kertas kanton berwarna
  2. Cetak lingkaran seukuran piring dengan menggunakan sipidol kemudian gunting sesuai bentuknya. Buat 13 lingkaran
  3. Tulis angka 1 sampai 9, tanda bintang, tanda pagar, tanda icon telepone sebagai tombol membuat panggilan.
  4. Tempel pada tembok sesuai dengan posisi telepone yang sebenarnya.
  5. Minta si kecil untuk menekan angka-angka pada lembar aktivitas secara cepat sesuai dengan yang Mom inginkan misalkan nomor telepon polisi, ambulans dan sebagainya.

Selamat mencoba!

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *