Anak-Anak Membelanjakan Uang  

You must gain control over your money or the lack of it will forever control you. Dave Ramsey

Membelanjakan uang dapat dilakukan orang dari usia dewasa, muda bahkan anak kecil. Desakan kebutuhan maupun keinginan menjadi penyebab manusia mencari dan membelanjakan uangnya, namun manusia kerap khilaf dalam berbelanja, mengabaikan yang dibutuhkan dan malah membeli keinginan mata saja tanpa memikirkan kebutuhan utama. Perlu strategi belanja yang tepat untuk menekan pengeluaran sehingga Mom dapat membeli sesuatu hanya jika diperlukan.

Safir Senduk, seorang Perencana Keuangan Independen pertama di Indonesia, menyatakan bahwa kita sebaiknya menyesuaikan gaya hidup dengan pendapatan. Hal ini mungkin bisa diterapkan dalam mengelola keuangan keluarga atau pribadi. Ia memberi nasehat agar kita membiayai hidup dari hasil investasi, bukan dari pendapatan. Prinsip berbelanja tersebut perlu Mom bagikan kepada si kecil agar ia juga dapat membelanjakan uangnya dengan baik.

Si kecil yang sudah dalam usia Sekolah Dasar (SD) pada umumnya sudah mulai berbelanja dari uang jajan yang diberikan oleh orangtuanya. Biasanya si kecil membelanjakan uang jajannya untuk membeli makanan di kantin sekolah, berupa makanan ringan atau untuk makanan berat seperti nasi, serta mainan yang dijajakan di dalam area sekolah. Pada tahap tersebut, Mom sangat perlu untuk mengajarinya cara berbelanja.

Mom, masih ingat kan tips dari CERI kemarin tentang menabung bagi si kecil?

Cara Cerdas Membelanjakan Uang

Nah, selain mengajarkan menabung, cara membelanjakan uang perlu diajarkan juga pada si kecil. Perhatikan sikap si kecil dalam membelanjakan uangnya. Apakah si kecil akan mengutamakan keperluan diri sendiri atau keperluan keluarga. Perhatikan pula sikap si kecil saat melihat Mom atau saudara sakit, apakah ia akan menyisihkan sedikit tabungannya untuk memberikan simpati terhadap keluarga? Jika belum, Mom bisa memberikan contoh dan membimbing si kecil untuk menggunakan tabungan sebagai ungkapan simpati adalah sesuatu yang positif dan terpuji, dengan demikian si kecil akan belajar tentang rasa peduli. Satu hal yang perlu diingat Mom, adalah perilaku orang tua dalam mengatur keuangan akan menjadi salah satu contoh yang paling mudah diamati oleh si kecil. Jadi Mom juga harus pandai-pandai mengatur keuangan yah, apalagi kalau sedang mengajak si kecil ikut berbelanja.

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *