Tips Keselamatan untuk Si kecil dari Orang Asing  

Waspada adalah suatu sikap positif yang perlu diajarkan kepada si kecil. Melalui kewaspadaan si kecil akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penculikan, percabulan atau kejahatan anak lainnnya. Fakta menunjukkan kasus penculikan anak oleh orang asing terus meningkat dari tahun ke tahun seperti yang diutarakan oleh Arist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di sini. Tak jarang anak yang diculik kemudian diadopsi secara ilegal, dipekerjakan secara paksa menjadi anak jalanan atau pengemis., dijadikan pekerja seks komersial atau diambil organ tubuhnya.

Sungguh berbahaya!

Kejahatan terus berkembang artinya tingkat kewaspadaan pun harus lebih lagi dioptimalkan oleh Mom dan bahkan diajarkan pada si kecil. Apalagi ketika Mom berlibur bersama si kecil, sangat rawan sekali si kecil kontak dengan orang asing. Orang asing belum tentu memiliki niat baik pada si kecil maka dari itu Mom perlu beritahukan pada si kecil supaya ia lebih waspada. Kebaikan dan kejahatan memang akan selalu ada dalam kehidupan namun Mom perlu untuk mengajarkan sikap waspada pada si kecil supaya ia bisa terhindar dari kejahatan orang asing yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Orang asing yang mengajak si kecil pergi dengan alasan apapun. Jika orang asing menggunakan nama Mom untuk memancing si kecil agar menurut, Mom bisa memberikan semacam kata kunci kepada si kecil yang hanya Mom dan si kecil saja yang tahu, sehingga si kecil akan lebih waspada saat orang asing tidak bisa menyebutkan kata kunci tersebut dan segera meninggalkan orang asing tersebut. Mom boleh memberi ijin si kecil untuk berteriak sekencang mungkin agar Mom atau orang-orang sekitar yang menyadari kesulitan si kecil jika si orang asing memaksa mengajak si kecil pergi menjauhi Mom.

    Kode Rahasia Mom dan si Kecil

  2. Orang asing yang memberikan si kecil mainan atau makanan ketika orangtuamu tidak ada bersamamu. Baiknya Mom memberitahukan kepada si kecil untuk selalu memanggil Mom saat ada seseorang memberikan sesuatu.

    Menolak Permen atau Pemberian dari Orang Asing

  3. Orang asing yang mengajak si kecil untuk ikut bersama mereka ke dalam mobil. Mom bisa memberitahukan kepada si kecil agar selalu meminta ijin kepada Mom sebelum masuk ke Mobil. Jika pelaku memaksa si kecil untuk masuk mobilnya, seperti kasus pertama, si kecil sebaiknya berteriak untuk memberikan tanda membutuhkan bantuan.

    Anak: Katakan Tidak pada Orang Asing

  4. Orang asing yang mengaku tersesat dan menanyakan arah pada si kecil. Si kecil perlu diberi pengertian agar lebih baik berlari ke arah Mom dan menanyakan arah kepada Mom.

    Berlari Pada Mom

  5. Orang asing yang selalu mengikuti si kecil. Berilah pengertian kepada si kecil untuk segera berlari ke arah Mom, atau pergi ke daerah pusat infomasi atau kantor polisi jika si kecil terpisah dari Mom saat diikuti oleh orang asing.

Semoga tips-tips tersebut berguna bagi Mom dan si kecil untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan kepada si kecil. Oya, Mom selain mengajarkan sikap waspada dari orang asing, ajarkan juga si kecil untuk selalu berdoa dan tulus berbuat baik pada sesama. Niscaya dengan berdoa dan sikap waspada, si kecil terhindar dari marabahaya.

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

2 Replies to “Tips Keselamatan untuk Si kecil dari Orang Asing  ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *