Yuk Menabung!

Apakah si kecil telah mengetahui uang dan memahami fungsinya?

Uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat tukar menukar dalam lalu lintas perekonomian seperti pembayaran barang, jasa, atau hutang. Mengetahui fungsi uang tersebut, menjadi penting bagi setiap orang termasuk si kecil untuk mengelola uang secara baik dan benar karena hanya orang bijaksana yang tetap makmur dan kaya. Mengelola uang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menabung atau investasi namun sebelum masuk dalam tahap pengelolaan, tentu pemahaman akan uang harus lebih dulu diketahui. Mom bisa memberikan pengertian sedikit demi sedikit pengetahuan tentang uang saat mengajak si kecil berbelanja, si kecil bisa merekam kebiasaan Mom menukarkan uang untuk mendapatkan barang yang Mom butuhkan. Nah, jika si kecil sudah memahami pentingnya uang, yuk, ajak si kecil menabung yang bisa dimulai dengan menabung di celengan buatan sendiri seperti celengan babi atau dengan aktivitas celengan ayam di sini.

Menabung merupakan salah satu kebiasaan baik yang wajib ditularkan pada si kecil Mom. Sama halnya dengan kata pertama si kecil yang biasanya menirukan ucapan yang keluar dari mulut orang tuanya, maka kebiasaan menabung juga muncul karena si kecil menirukan kebiasaan menabung orang tuanya. Misalnya Mom menyisihkan uang belanja dan memasukkannya di dalam celegan di depan si kecil sehingga ia bisa meniru perilaku baik tersebut. Mengajari si kecil konsep menabung dari dini adalah satu hal penting dalam dunia parenting dan kebaikannya di masa depan sehingga anak tidak mengangap menabung sebagai suatu paksaan. Nah, untuk membiasakan si kecil menabung mulailah dari beberapa hal berikut:

  1. Ingatkan si kecil bahwa uang bisa disimpan untuk kebutuhan di waktu yang akan datang.
  2. Bimbing si kecil untuk mempersiapkan amplop berbeda untuk setiap kebutuhannya hingga kebutuhan jangka panjang. Misalnya untuk kebutuhan jangka pendek, si kecil bisa menuliskan benda-benda yang sering diinginkan atau dikonsumsinya, seperti snek, kue atau permen, sedangkan untuk jangka panjang si kecil bisa menuliskan benda yang sangat diinginkannya untuk dimiliki, seperti tas sekolah, mainan atau boneka.

    Anak: Menabung untuk Jangka Pendek dan Jangka Panjang

  3. Khusus untuk kebutuhan jangka panjang akan lebih mudah jika Mom menanyakan pada si kecil barang yang ia inginkan dan membantu si kecil dalam menghitung berapa banyak uang yang mesti disimpan supaya barang tersebut mampu dibeli.

Oya Mom, aktivitas menabung ini lebih cocok jika diterapkan saat si kecil memasuki usia sekolah dan kebiasaan ini akan mengikuti si kecil hingga dewasa. Selamat menabung ya, Mom!

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *