Latihan Menggunting untuk si Kecil1

Duh, kok si kecil megang gunting?

Nanti kalau celaka, bagaimana ya?

Pasti terdapat kekwatiran di hati Mom ketika melihat si kecil menemukan gunting dan pertama kali secara tidak sengaja. Memegang gunting tidaklah berbahaya untuk si kecil asalkan tetap berada dalam pengawasan orangtua atau orang yang lebih dewasa, bahkan bila diajarkan dengan baik si kecil bisa mandiri dalam memegang dan menggunakan gunting sesuai dengan fungsinya. Menggunting adalah aktivitas seru yang dapat Mom lakukan bersama si kecil. Kegiatan ini dapat merangsang dan melatih motorik halus si kecil, meningkatkan kepercayaan diri, mengenal berbagai macam bentuk dan warna, belajar menggunakan kekuatan untuk menggenggam dan melatih kesabaran.

Menurut Andria Charles M.Psi dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, usia tepat mengenalkan gunting kepada anak adalah ketika sudah mencapai 3 tahun, karena pada usia tersebut otot-otot tangan si kecil sudah matang, sehingga sudah mulai dikenalkan dengan gunting dan cara menggunakannya. Nah, Mom yang memiliki balita, pada kesempatan kali ini, SahabatCeri memberikan beberapa tahapan kegiatan untuk melatih ketrampilan menggunting si kecil. Yuk, kita mulai tahapan-tahapan pelatihan menggunting untuk si kecil:

  1. Ripping atau Merobek, pada tahap ini, Mom bisa memberikan kertas agak tebal dengan potongan memanjang (persegi panjang) untuk dirobek oleh si kecil menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Pada tahap ini, si kecil akan belajar pemahaman merobek/memotong kertas yang nantinya merupakan fungsi dari gunting. Si kecil juga dilatih untuk menggerakan kedua tanganya ke arah yang berlawanan untuk membuat kertas robek, selain melatih koordinasi tangan dan jari-jarinya sebelum menggunakan gunting.

    Menggunting1: Ripping atau Merobek

  2. Snipping, hampir mirip dengan Ripping hanya saja si kecil diharuskan menggunakan gunting untuk memotong kertas potongan memanjang (persegi panjang) menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sesuai dengan garisnya.

    Menggunting2: Snipping

  3. Fringe adalah potongan yang berulang tanpa memotong kertas menjadi dua. Gunakan penggaris untuk menggambar garis jarak yang merata dari bagian bawah sehelai kertas konstruksi hijau seukuran dua inci. Lalu, tempatkan stiker di bagian atas setiap baris. Mintalah si kecil merangkai kertas dengan memotong garis dan berhenti di stiker.

    Menggunting3: Fringe

  4. Begitu si kecil menguasai tiga yang pertama, mereka mulai mengerjakan pemotongan garis lurus dari titik A ke titik B. Ini mengharuskan si kecil membuka dan menutup gunting beberapa kali per potong, yang jauh lebih sulit daripada potongan atau pinggiran. Jangan kaget kalau mereka mengeluh kelelahan pada tangan mereka. Kelelahan menunjukkan bahwa si kecil masih membutuhkan lebih banyak latihan dengan gunting untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

    Menggunting4: Garis Lurus

  5. Berikutnya adalah Garis Zig-zag. Garis Zig-zag membuat si kecil harus memutar kertas atau tangan mereka saat mengikuti garis zig-zag tersebut untuk dipotong. Keterampilan memotong Zig-zag jadi jauh lebih sulit daripada memotong garis lurus dan dapat menyebabkan kelelahan tangan dengan cepat. Pastikan si kecil benar-benar siap sebelum memperkenalkan Garis Zig-zag.

    Menggunting5: Garis zig-zag

  6. Yang lebih sulit daripada Garis Zig-zag adalah garis melengkung yang ditemukan pada bentuk-bentuk tanpa sudut seperti lingkaran atau oval. Amati mereka merobek, memotong, memotong garis lurus dan zig zag. Jika si kecil bisa melakukan hal-hal itu, maka mereka mungkin siap untuk melanjutkan tahap ini.

    Menggunting6: Garis Melengkung

  7. Memotong kotak dan persegi panjang juga bisa menantang bagi si kecil. Ajari si kecil untuk memutar kertas dan melatih naluriah mereka untuk mengubah posisi tangan si kecil. Namun hal ini akan menjadi sangat menyenangkan jika si kecil telah memahami kegunaan gunting sepenuhnya.

    Menggunting7: Kotak

Nah, jika Mom khawatir dengan tajamnya gunting akan melukai si kecil, Mom bisa membelikan si kecil gunting plastik khusus anak-anak yang banyak dijual di toko alat tulis. Perlu diperhatikan juga jenis guntingnya menggunakan gunting yang tidak terlalu tajam, hanya bisa menggunting kertas saja dan memililki ujung tumpul. Sebagai informasi, contoh gunting anak misanya merek Westcott Ergo Jr atau gunting plastik anak bermotif kartun sehingga anak lebih tertarik, bila si kecil kidal, Mom dapat menggunakan gunting anak Faber Castell khusus anak kidal. Pastikan guntingnya berkualitas dan aman dalam gengaman si kecil. Namun demikian Mom tetap disarankan untuk selalu mendampingi si kecil agar dapat menggunakan gunting dengan benar.

Selengkapnnya soal menggunting  Mom juga dapat melihat disini.

Happy cutting, Mom!

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

One Reply to “Latihan Menggunting untuk si Kecil1”

  1. Selamat malam, saya mahasiswa yang sedang melakukan PTK tentang menggunting ini. Saya ingin bertanya darimana ya Anda menemukan sumber latihan menggunting. Saya sangat membutuhkan literatur tentang menggunting ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *