Mengolah Kulit Bawang Putih

Setelah melakukan cara mudah mengupas bawang putih.

Banyak kulit bawang putih yang berserakan?

Yuk, kumpulkan dan manfaatkan!

Tahukah Mom, kulit bawang putih ternyata memiliki enzim yang dikenal sebagai “Quercetin” yang membantu dalam memerangi sel kanker. Lemak tak jenuh tunggal pada kulit bawang putih pun membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berdasarkan penelitian University of Maryland Medical Center, kandungan sulfur dan DGL yang ditemukan pada kulit bawang putih berfungsi melindungi dan menyembuhkan lapisan perut dari asam lambung.

Kulit bawang putih memilliki manfaat tersembunyi yang selama ini jarang diketahui oleh masyarakat. Kulitnya yang berwarna putih dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, sebagai obat jerawat, membersihkan komedo, menyemarkan bekas luka, melancarkan peredaran darah, meredakan nyeri dan menyembuhkan luka, mengatasi masalah penyakit kulit, mengontrol berat badan, mengatasi keracunan dan sariawan. Masakan telur asin atau yang biasa disebut telur pindang pun memanfaatkan kulit bawang putih untuk proses pengawetannya. Bahkan kulit bawang putih dapat dimanfaatkan untuk bahan seni. Lapisan kulit bawang ini dapat digunakan untuk menyusun lukisan mosaik dengan gambar atau pola tertentu. Bisa juga dijadikan sebagai bahan membuat bunga hias yang berpotensi untuk menjadi peluang bisnis Mom di rumah.

Banyak kan Mom manfaatnya! Sebagai referensi, Mom dapat mengolah kulit bawang putih untuk beberapa kegunaan sebagai berikut:

  1. Untuk Obat Kolesterol, Maag dan Anti Kanker
Minuman dari Kulit Bawang Putih

Mom hanya perlu menuangkan air panas mendidih di atas kulitnya dan rendam selama 15 menit. Saring kulit bawang putih dan minum sebagai teh setiap malam. Waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah malam sebelum tidur karena dapat menimbulkan kantuk. Mom dapat menambahkan gula atau madu agar si kecil mau meminumnya. Jika si kecil sudah berusia 4 tahun ke atas, Mom bisa memberikan juga kepada si kecil dengan menambahkan gula atau madu agar si kecil mau meminumnya. Sebagai informasi tambahan, kulit bawang tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui. Jadi, Mom dapat meminumnya, saat tidak hamil dan setelah selesai masa menyusui.

2. Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Air Rebusan Kulit Bawang Putih

Mom hanya perlu mengusapkan air rebusan atau rendaman kulit bawang putih pada kepala. Setelah itu, cuci rambut dengan shampoo dan kondisioner. Cara lain Mom dapat mencampurkan 1 sendok teh minyak kelapa dengan bawang putih yang sudah dipipihkan atau digeprek. Panaskan beberapa saat lalu dinginkan. Setelah dingin, gunakan campuran tersebut untuk memijat kulit kepala. Lakukan 2-3 kali seminggu secara rutin.

3. Untuk Mengatasi Alergi Kulit

Berendam dengan air kulit bawang putih

Rendam 1-3 kulit bawang pada air bersih selama 15 menit. Jumlah kulit bawang dan air dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Lalu, gunakan untuk membersihkan badan. Air rendaman ini bersifat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan ruam, alergi atau erupsi kulit.

Nah, Mom, banyak kan manfaat kulit bawang putih. Ayo tunggu apalagi? Kumpulkan dan manfaatkan kulit bawang putih sedari sekarang!

Bagikan pengalaman Mom bersama si kecil dengan mengunggah foto kebersamaan Mom bersama si kecil saat melakukan aktivitas-aktivitas bersama si kecil di Instagram, lalu tag ke akun kami  @ceri_kid, ya!

Pantau terus website Website CERI atau aplikasi ceri di smartphone untuk tips parenting atau kegiatan lainnya bersama si buah hati. Unduh aktivitas ceri yang lain di sini. See you on the next article! Be a Happy Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *